photo 1111_zpsfnfewxma.png

Saturday, August 22, 2015

KUARTET PEMBELAJARAN




main kuartet
 Kali ini kami memposting serta membagikan salah satu karya kami, yaitu kuartet pembelajaran dalam matapelajaran bahasa indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi, berikut dibawa ini tentang deskripsi dan cara mainkan kuartet pembelajaran... :)
Kelas 2 SD biasanya murid-muridnya masih memiliki sifat ingin bermain, terkadang murid tidak memperhatikan materi ajar dikarenakan beberapa faktor, kemungkinan pelajarannya tidak PAKEM, hal ini memerlukan seorang guru yang cerdas dalam mensisati agar murid selain bisa belajar dan memahami materi juga bisa dibarengi/ dikemas dalam permainan.
Media permainan kuartek ini merupakan salah satu media yang asyik dijadikan sebuah kegiatan menarik bagi murid-murid, didalam kuartet ini mencangkup tentang materi ajar tentang suatu mata pelajaran, dan dikemas dalam suatu kegiatan permainan menarik.
Permainan ini berkaitan dengan keterampilan berbicara anak serta keterampilan membacanya adapun Standar kompetensi, dan kompetensi dasarnya yaitu:


Standar Kompetensi:
6.      Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan  bercerita
Kompetensi Dasar:
6.1  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain

Kuartek permainan ini terdiri dari beberapa komponen, komponen penting yaitu gambar yang ada pada bagian depan, judul/nama hewan dan ciri utama hewan yang ada disetiap kartu dan ciri-cirinya yang lain,  selain gambar yang berperan aktif agar dapat memenangkan game /permainan ini, peserta/murid harus ,mengumpulakan nama hewan lengkap dengan karu lainnya dengan ciri utama hewan tersebut dengan lengka, contohnya kartu hewan Ayam dengan ciri utama bertelur maka ia perlu mengumpulakan ketiga kartu lainnya dengan nama ciri utama yang berbeda yaitu berkaki 2, berkukuruyuk dan bersayap. Setelah ke4 kartu itu kita dapatkan maka kita telah mendapatkan poin, tinggal kita mengumpulkan poin-poin selanjutnya untuk memenangkan permainan ini.







Cara memainkan:
1.       Permainan kuartet dapat dimainakan minimal 2 orang (berpasangan), maksimal 4 orang
2.       kuartet dikocok (seperti dalam bermain kartu)
3.       setiap murid mendapatkan 4 lembar kuartet tanpa memperlihatkan gambar dari kuartet tersebut dan sisa kuartetnya disimpan
4.       setelah masing-masing murid mendapatkan kuartet, permainanpun dimulai
5.       murid yang mendapatkan giliran, iya menyebutkan nama hewan dan selanjutnya ia menyebutkan ciri-ciri hewan tersebut kepada temannya.
6.       Jika murid tersebut menyebutkan nama hewan yang sama dimiliki murid yang lain, dan jika ia menyebut ciri-ciri hewan dan sesuai dengan ciri-ciri utama pada kartu temannya, berarti ia berhak mengambil kartu tersebut.
7.       Jika ia salah/ tidak tepat sasaran maka, permainan dilanjut tanpa ada kartu dari masing-masing murid diambil, tetapi murid tersebut diperbolehkan mencabut 1 kartu pada kumpulan kuartet, sehingga kartunya bertamba.
8.       Jika murid mendapatkan judul nama hewan dan dengan ciri-ciri hewan yang lengkap (4 kartu) berarti kumpulan kartu itu dihintung poin untuknya.
9.       Selanjutnya murid yang mampu mengumpulkan poin dari banyaknya nama hewan yang lengkap dengan ciri-cirinya, berarti ia jadi pemenangnya
 
nah, untuk kuartet plus kotak/tempat kuartetnya... dapat teman-teman didownload disini



3 comments:

  1. Thanks yaa sangat membantu..
    Bagaimana cara membuatnya ya...

    ReplyDelete
  2. Thanks yaa sangat membantu..
    Bagaimana cara membuatnya ya...

    ReplyDelete