main kuartet |
Kali ini kami memposting serta membagikan salah satu karya kami, yaitu kuartet pembelajaran dalam matapelajaran bahasa indonesia, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi, berikut dibawa ini tentang deskripsi dan cara mainkan kuartet pembelajaran... :)
Kelas 2 SD biasanya murid-muridnya
masih memiliki sifat ingin bermain, terkadang murid tidak memperhatikan materi
ajar dikarenakan beberapa faktor, kemungkinan pelajarannya tidak PAKEM, hal ini
memerlukan seorang guru yang cerdas dalam mensisati agar murid selain bisa
belajar dan memahami materi juga bisa dibarengi/ dikemas dalam permainan.
Media permainan kuartek ini
merupakan salah satu media yang asyik dijadikan sebuah kegiatan menarik bagi
murid-murid, didalam kuartet ini mencangkup tentang materi ajar tentang suatu
mata pelajaran, dan dikemas dalam suatu kegiatan permainan menarik.
Permainan ini
berkaitan dengan keterampilan berbicara anak serta keterampilan membacanya
adapun Standar kompetensi, dan kompetensi dasarnya yaitu:
Standar
Kompetensi:
6.
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan
mendeskripsikan benda dan bercerita
Kompetensi Dasar:
6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di
sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
orang lain
Kuartek
permainan ini terdiri dari beberapa komponen, komponen penting yaitu gambar
yang ada pada bagian depan, judul/nama hewan dan ciri utama hewan yang ada
disetiap kartu dan ciri-cirinya yang lain,
selain gambar yang berperan aktif agar dapat memenangkan game /permainan
ini, peserta/murid harus ,mengumpulakan nama hewan lengkap dengan karu lainnya
dengan ciri utama hewan tersebut dengan lengka, contohnya kartu hewan Ayam
dengan ciri utama bertelur maka ia perlu mengumpulakan ketiga kartu lainnya
dengan nama ciri utama yang berbeda yaitu berkaki 2, berkukuruyuk dan bersayap.
Setelah ke4 kartu itu kita dapatkan maka kita telah mendapatkan poin, tinggal
kita mengumpulkan poin-poin selanjutnya untuk memenangkan permainan ini.
2. kuartet dikocok (seperti dalam bermain kartu)
3. setiap murid mendapatkan 4 lembar kuartet tanpa memperlihatkan gambar dari
kuartet tersebut dan sisa kuartetnya disimpan
4. setelah masing-masing murid mendapatkan kuartet, permainanpun dimulai
5. murid yang mendapatkan giliran, iya menyebutkan nama hewan dan selanjutnya
ia menyebutkan ciri-ciri hewan tersebut kepada temannya.
6. Jika murid tersebut menyebutkan nama hewan yang sama dimiliki murid yang
lain, dan jika ia menyebut ciri-ciri hewan dan sesuai dengan ciri-ciri utama
pada kartu temannya, berarti ia berhak mengambil kartu tersebut.
7. Jika ia salah/ tidak tepat sasaran maka, permainan dilanjut tanpa ada kartu
dari masing-masing murid diambil, tetapi murid tersebut diperbolehkan mencabut
1 kartu pada kumpulan kuartet, sehingga kartunya bertamba.
8. Jika murid mendapatkan judul nama hewan dan dengan ciri-ciri hewan yang
lengkap (4 kartu) berarti kumpulan kartu itu dihintung poin untuknya.
9. Selanjutnya murid yang mampu mengumpulkan poin dari banyaknya nama hewan
yang lengkap dengan ciri-cirinya, berarti ia jadi pemenangnya
nah, untuk kuartet plus kotak/tempat kuartetnya... dapat teman-teman didownload disini
Thanks yaa sangat membantu..
ReplyDeleteBagaimana cara membuatnya ya...
Thanks yaa sangat membantu..
ReplyDeleteBagaimana cara membuatnya ya...
buatnya pake aplikasi corel draw
ReplyDelete